Perbedaan Butik, Modiste, dan Konfeksi

Apabila Anda sempat berjalan-jalan ke kota Yogyakarta, maka perhatikanlah toko-toko di sepanjang jalannya. Niscaya Anda temukan banyak toko busana beragam nama. Ada toko yang berjenis butik, factory outlet, dan fashion. Meskipun jenis toko yang Anda masuki berbeda-beda, semua toko itu sama-sama menjual busana. Jika Anda amati lebih dekat busana yang dipajang, maka kemungkinan besar tidak Anda temui perbedaan jenis maupun kualitas busana yang dijual oleh ketiga toko tersebut. Ternyata ada butik menjual busana konfeksi pabrik. Ada factory outlet –yang bermakna keluaran pabrik– yang menjual busana eksklusif hasil rancangan perancang FO tersebut. Kemiripan isi dan kualitas busana di dalam toko-toko itu seperti mengisyaratkan tidak adanya perbedaan diantara jenis toko-toko itu.

Saat berkuliah di jurusan busana UNY, saya diberikan pengertian bahwa ada alasan mendasar sebuah toko dinamai butik dan konfeksi. Berikut saya jabarkan perbedaan busana berkelas butik, modiste, dan konfeksi.

A. Butik

Menurut kamus bahasa Indonesia, butik (nomina) adalah toko pakaian eksklusif yg menjual pakaian modern berikut segala kelengkapannya (terutama untuk wanita) yang sesuai dengan mode mutakhir.

Menurut istilah mode, butik adalah busana eksklusif yang dijahit halus dan tidak diproduksi massal.

Ciri-ciri busana butik:

1. Jahitan dan penyelesaiannya banyak dikerjakan dengan tangan.

2. Ukuran busana berdasarkan ukuran tubuh orang tertentu atau ukuran standard dunia mode.

3. Modelnya unik, hasil rancangan perancang busana, dan tidak pasaran.

4. Hanya diproduksi satu potong hingga tiga potong untuk satu model. Semakin sedikit diproduksi, semakin eksklusif butik tersebut. Butik-butik paling eksklusif hanya membuat satu setel busana dari satu model, lengkap dengan sepatu, tas tangan, kalung, dan gelang yang senada dengan tema busana.

5. Harga jualnya mahal.

Singkatnya, busana butik termasuk jenis adi busana (haute couture).

B. Modiste

Menurut kamus bahasa Indonesia, modiste adalah wanita yang ahli dalam membuat pakaian wanita. Jadi, modiste merupakan nama profesi penjahit.

Menurut istilah mode, busana yang dijahit oleh seorang modiste adalah busana yang dijahit halus berdasarkan permintaan pelanggan.

Ciri-ciri busana buatan modiste:

1. Jahitan halus. Walaupun dijahit dengan mesin, tidak banyak jahitan setik yang terlihat dari luar. Setik mesin kecil-kecil.

2. Model busana dibuat berdasarkan permintaan pelanggan, rancangan modiste berdasarkan permintaan pelanggan, atau pelanggan meminta dirancangkan oleh modiste. Oleh karena itu, model busana tidak selalu unik karena tergantung selera pelanggan.

3. Ukuran busana berdasarkan ukuran tubuh pelanggan.

4. Harga ongkos jahit modiste dari tingkat menengah hingga tinggi. Semakin halus jahitan seorang modiste, semakin tinggi ongkos jahitnya.

C. Konfeksi

Menurut kamus bahasa Indonesia, konfeksi adalah pakaian yang dibuat secara massal untuk dijual dalam keadaan siap pakai. Busana konfeksi tidak diukur menurut pesanan, tetapi menurut ukuran yang sudah ditentukan (S, M, L, XL).

Menurut istilah mode, busana konfeksi adalah busana berkualitas paling rendah dari sisi teknik jahit dan pilihan bahan.

Ciri-ciri busana konfeksi:

1. Dijahit dalam partai besar oleh pabrik atau industri kecil.

2. Pengerjaan dan penyelesaian jahitan 100% menggunakan mesin.

3. Setikan mesin berjarak panjang sehingga gampang tercerabut. Setik jahit juga tampak dari bagian luar busana.

4. Harga murah dan terjangkau oleh hampir seluruh lapisan masyarakat.

Menilik penjabaran tersebut, maka toko bernama “Butik” seyogyanya tidak menjual busana produksi massal. Toko bernama “Factory Outlet” semestinya hanya menjual busana konfeksi. Demikian juga dengan toko bernama “Fashion” yang sewajarnya menjual busana produksi konfeksi pabrik atau industri kecil. Sayangnya, penerapan istilah tersebut sering terbolik-balik saat ini.  Banyak toko bernama “Butik” menjual busana murahan, sementara banyak toko bernama “factory outlet” menjual busana berharga mahal. Bisa jadi hal ini disebabkan ketidaktahuan para pelaku industri busana tersebut. Fenomena menjamurnya toko busana mungkin terjadi di banyak kota besar Indonesia. Namun berkembangnya industri mode busana ini tidak diiringi dengan pemahaman yang benar tentang ilmu busana oleh  para penggiatnya.

Demikian sedikit penjelasan. Semoga sekelumit informasi ini bermanfa’at, terutama bagi Anda yang akan membuka toko busana. Jangan sampai Anda keliru memberi nama pada papan nama toko. Dari nama toko Anda, masyarakat melek mode dapat mengetahui kedalaman pengetahuan Anda dalam bidang ilmu busana dan mode.

Tentang Novi Kurnia

Saya menulis buku anak semenjak tahun 2006. Setelah 7 tahun menjadi penulis pada penerbit Intan Pariwara, saya kini bekerja sebagai penulis lepas buku anak dan buku keterampilan. Sesekali saya menulis untuk media massa dengan nama pena Kania Gho. Saya dapat dihubungi di: kaniagho@gmail.com
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Lain-Lain dan tag , , , , . Tandai permalink.

29 Balasan ke Perbedaan Butik, Modiste, dan Konfeksi

  1. cawah berkata:

    mbak novi melek fashion jg yah hihihi..

    aku ma;ah baru paham soal begeinian…makasih sharingnya

    Suka

  2. tipongtuktuk berkata:

    itu FO-nya masih pada tutup, ya …
    jalanan juga masih pada sepi … he he he …

    Suka

  3. faziazen berkata:

    kalo tailor itu khusus pakaian pria ya?

    Suka

  4. jampang berkata:

    iyah… pernah ada yg bilang jangan beli di factory outlet karna harganya mahal-mahal

    Suka

  5. niaa berkata:

    mbak bleh gk q krja di tmpat mbak

    Suka

  6. apa modiste bisa disebut untuk pekerja butik atau sebutan modiste hanya untuk bekerja indipenden?

    Suka

    • Novi Kurnia berkata:

      Modiste asal artinya adalah penjahit busana perempuan dan anak-anak (modeste). Sementara butik adalah sebutan bagi toko busana yang menjual busana eksklusif. Dalam pengertian ini, bisa saja seorang modeste bekerja di butik maupun independen.

      Suka

  7. agysha berkata:

    Hei novia di jogja kah? Boleh minta nomer tep km yg bs dihubungi? Saya bener2 sangat membutuhkan penjahit yg bs bikin baju2 aneh karna besok rancangan saya akan ikut jogja fashion week 13. Thank u

    Suka

    • Novi Kurnia berkata:

      Halo, Mba. Terima kasih apresiasinya. Tapi sayangnya saya bukan penjahit dan tidak memiliki butik.

      Banyak penjahit bagus di Jogja. Contohnya yang saya tahu pegawainya lulusan perguruan tinggi menjahit adalah jaringan toko busana margaria. Mba dapat ke toko busana muslim Al-Fath di Malioboro atau Annisa di Jl. Solo, karena mereka memiliki konsultan mode sekaligus menerima order jahit di toko busananya. Semoga membantu.

      Suka

  8. beby berkata:

    akhirnya terjawab juga kebingungan saya selama ini…trims mba novi

    Suka

  9. Ghaane Saputra berkata:

    kalo collection apa ya?

    Suka

  10. rahmawatisharjo berkata:

    Reblogged this on Belanjah Online Shop and commented:
    untuk catatan🙂

    Suka

  11. Nawan Kids berkata:

    Novi Kurnia@ saya tukang pola di butik , Bolekah saya bertanya, ada cara mengukur dada atas ,dada tengah ,dada bawah,yg saya pertanyakan kalo dada atas itu kalo sudah jadi pola jadinya di atas kerungan lengan, sedangkan mengukur orang sebelum di bikin pola dengan cara melingkar., nahh itu gimana ya ??
    makasih.

    Suka

  12. salma amalia berkata:

    kak pengertian tas kunci apa’an kak

    Suka

  13. jiah al jafara berkata:

    Penjahit rumahan namanya modiste

    Suka

    • Novi Kurnia berkata:

      Betul. Tetapi modiste di sini menyangkut pula teknologi dalam menjahit, yaitu teknik ala modiste. Tidak semua penjahit rumahan itu berkualitas teknik jahit modiste. Fyi, di Jogja ada rumah jahit bernama “Modiste Margaria”. Rumah jahit yang dimiliki oleh konglomerasi perusahaan Margaria. Penjahitnya digaji, jelas bukan penjahit rumahan😀

      Suka

  14. November87 berkata:

    halo selamat sore, abis cari2 di gugel soal konveksi di jogja.. hehehe
    ternyata baju konveksi itu bs dibilang kualitas rendah yaa.. bru tau beda butik dan FO..
    terima kasih ilmunya mba novi 😊
    saya boleh bertanya ga mba, rekomendasi konveksi untuk skala kecil kalo di jogja dmn ya? yang kualitas bagus harga wajar 😂😂
    saya suka design.. tapi, ga suka jahit.. pengennya punya clothing line sendiri.. ready to wear gtu.. mohon info nya dong mba novi.. saya awam sekali di jogja blm tau mana2.. huhu

    Terima Kasih banyakk 🙏🙏

    Suka

  15. kekitaan berkata:

    Salam Mas Bro / Mbak Bro
    oh gitu,jadi sebenernya pengertian konfeksi itu pakaian yang dibuat banyak buat dijual dan siap pake.
    Mauliate
    Makasih

    Suka

Tulis Apresiasi Di Sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s