Menjahit Payet Bunga 3 Dimensi

Payet adalah manik-manik yang pipih. Payet biasanya digunakan untuk menghiasi aneka busana maupun kain peralatan rumah tangga. Payet ada yang berjenis kilap dan ada pula yang tidak kilap. Hiasan payet umumnya digunakan bersamaan dengan manik-manik kecil yang di daerah Jawa disebut manik-manik pasir.

Pelekatan payet pada kain haruslah menggunakan tangan. Sementara benang yang digunakan untuk menjahitnya dapat berupa sehelai benang maupun dua helai benang. Untuk melekatkan payet pada kain tipis dan halus, gunakan sehelai benang. Pada kain yang tebal, gunakan dua helai benang untuk memantapkan posisi hiasan payet.

Kreasi hiasan payet sangat beragam. Mulai dari bentuk bunga, daun, sampai bentuk abstrak dapat dibuat. Kreasi bentuk hiasan payet yang indah tergantung dari kreativitas pemayet. Berikut ini cara membuat hiasan payet bunga bundar dengan efek timbul atau efek 3 dimensi.

Siapkan:

 

– Kain yang akan dihiasi payet.

– Pemidang.

– Pensil untuk menggambar pola.

– Koin untuk menggambar bentuk.

– Payet.

– Manik-manik kecil.

– Jarum jahit ukuran kecil.

– Benang jahit.

– Gunting.

Langkah-langkah pembuatan:

1. Gambar bentuk pola pada kain menggunakan pensil dan koin. Buatlah titik pusat di tengah lingkaran.

2. Pasang pemidang di sekitar pola.

 

3. Siapkan jarum jahit yang telah disisipkan benang. Simpulkan ujung benang. Tusukkan jarum dari arah bawah pemidang menuju ke atas.

4. Ambil payet dari wadahnya. Caranya, arahkan ujung jarum pada lubang payet. Payet akan secara otomatis terselip ke badan jarum.

5. Ambil manik-manik dari wadahnya. Caranya, arahkan ujung jarum pada lubang manik-manik. Manik-manik akan secara otomatis masuk ke badan jarum.

6. Ambil lagi payet, kemudian ambil empat buah manik-manik dari wadahnya. Urutan payet dan manik-manik pada jarum yaitu, payet-manik-payet-empat buah manik.

7. Tusukkan jarum ke arah tengah pola, namun tidak sampai ke pusat. Usahakan posisi payet dan manik-manik pas dan tidak longgar.

8. Kerjakan langkah ke-5 sampai langkah ke-8 sampai seluruh lingkaran luar tertutup.

9. Untuk menutup lingkaran dalam, tusukkan jarum dari arah bawah ke akhir sebuah manik-manik. Ambil sebuah payet dengan jarum. Kemudian, ambil tiga buah manik-manik. Tusukkan jarum ke arah pusat lingkaran.  Kerjakan langkah ke-11 dan ke-12 sampai seluruh lingkaran dalam tertutup.

10. Untuk menutup lingkaran, sematkan sebuah payet tepat di pusat lingkaran. Tusukkan jarum dari arah bawah ke atas, kemudian ambil sebuah payet dan sebuah manik-manik. Tusukkan jarum kembali ke bawah melalui lubang payet di bawah manik-manik.

11. Simpul mati benang di bawah kain. Sematkan benang ke atas kain, kemudian tusukkan kembali ke bawah di salah satu sisi lingkaran. Gunting benang.

12. Bunga payet 3 dimensi selesai.

13. Variasikan bentuk bunga dengan aneka kreasi sulam manik-manik di sekitar bunga.

 

 

 

Tentang Novi Kurnia

Saya menulis buku anak semenjak tahun 2006. Setelah 7 tahun menjadi penulis pada penerbit Intan Pariwara, saya kini bekerja sebagai penulis lepas buku anak dan buku keterampilan. Sesekali saya menulis untuk media massa dengan nama pena Kania Gho. Saya dapat dihubungi di: kaniagho@gmail.com
Pos ini dipublikasikan di Jahit dan tag , , , , . Tandai permalink.

34 Balasan ke Menjahit Payet Bunga 3 Dimensi

  1. ayanapunya berkata:

    jd ingat waktu kecil dulu bikinnya kaligrafi 🙂

    Suka

  2. Novi Kurnia berkata:

    Iya, nih. Kainnya sifon dan payetnya kilap dan berwarna muda. Masih ditambah cahaya mataharinya terang, jadi kabur deh =(

    Suka

  3. tipongtuktuk berkata:

    tok tok tok … he he he …

    Suka

  4. Erika Sari berkata:

    hasil rajutan dihias dengan payet sepertinya keren juga nov…boleh dicoba tuh..:D

    Suka

    • Novi Kurnia berkata:

      Udah aku lihat hasil punya Mbak ^^
      Aku sudah pernah nyoba bunga crochet diberi payet, Mba. Tapi pas warna payetnya kurang cocok dengan warna bunganya, jadi norak deh. Wkwkwk…

      Suka

  5. Ummu Fatih berkata:

    saya lum begitu mahir buat ginian. padahal kalo di rumah ibu saya suka buat gaun-gaun yang dihiasi payet, gaun pesta, gaun pengantin, bahkan baju-baju formal seperti PSH pun juga suka dihiasi mote-mote n payet. walo desaiiny simple bisa nampak elegant….

    Suka

    • Novi Kurnia berkata:

      Melekatkan payet tidak terlalu sulit kok, Mba Ninik ^^ Yuk dicoba lagi.

      Payet jenis yang kilap memang dapat memberi kesan mewah meskipun harga payetnya murah. Namun kelemahannya, bila terlalu sering dicuci, payet dari kualitas biasa akan cepat buram. Tapi untuk kain yang jarang dicuci macam sarung bantal kursi, payet biasa sudah lumayan laah =)

      Suka

  6. karlina masbar berkata:

    mbak saya udah belajar menjahit saya juga ingin belajar memayet ajari dong mbak

    Suka

  7. karlina masbar berkata:

    saya buka dimana lagi ya mbak biar bisa melihat cara memasang payetnya

    Suka

  8. karlina masbar berkata:

    mbak mau dong diajari memayetnya

    Suka

    • Novi Kurnia berkata:

      Di artikel sudah dijabarkan cara memasang payetnya, ya. Mohon maaf bila kurang jelas. Biar mantap bisa kursus aja, tapi saya nggak buka kursus, ya. hehehe.

      Suka

  9. Rina berkata:

    sist,,,,gambarnya kurang jelas….q cari pake keyword cara menjahit payet eh..bahasanya malaysia semua…*cepek duehhh

    Suka

  10. sekarang payet banyak diaplikasikan pada berbagai barang sampai ke sendal ya mbak …

    Suka

  11. heni berkata:

    thanks banget…jadi lebih ngerti caranya jahit payet

    Suka

  12. rizki ramaliah berkata:

    mbak, ini nama teknik nya apa ya? kan ada tu teknik memayet, tp yg scr umum

    Suka

  13. rahmi nur rojab berkata:

    Mba aq punya kebaya…trs rencanany pengen d kasih payet…nah warna kebaya nya tuh warna ijo (yg kaya jaringny)…sedangkan alur kebaya yg biasany d kasih payet warna coklat…maaf mba aq kurang ngerti bahasa kebayany hehe…yg mau d tanya,untk kebaya warna itu bagusny warna payetny apa ya?…
    Ini dah d coba sama kaka saya payetny warna coklat tp jadiny kurang keliatan warna payetny…mksh

    Suka

    • Novi Kurnia berkata:

      Kalau pendapat pribadi saya, warna merah burgundi (merah pekat, merah kehitaman, bukan merah bendera) bakal bikin kebaya Mba menjadi menawan. Semoga berkenan ^^

      Suka

  14. Memayet kebaya bagusnya setelah kebaya jadi atau sebelum di jahit kebayanya mba?

    Suka

  15. Namaku Wiena berkata:

    Mbak Novi, kalo mau beli bukunya mbak Novi di mana? Apa ada di Gramedia? Udah muter2 gak ketemu

    Suka

  16. Lesty berkata:

    mb novi, knpa ngx nerbitin buku aj
    .biar mudah d pelajari ,gitu !!

    Suka

    • Novi Kurnia berkata:

      Saat ini buku saya yg sudah terbit adalah Buku Lukis Kain, Buku Pola dan Menjahit, Buku Smock, dan insya Allah akan terbit Buku Kreasi Pom-Pom untuk anak. Buku payet nanti saya pertimbangkan, Mba. Terima kasih atas kunjungan, perhatian, dan sarannya 🙂 

      Suka

  17. Tips Naik Gunung berkata:

    Kalau saya sih bisanya pasang payet yang bentuknya hanya lurus saja mbk,,pernah coba hias hijab waktu buat bentuk bunganya gak bisa rapi,,gimana sih mbk tipsnya biar rapi,,,makasih,,,

    Suka

    • Novi Kurnia berkata:

      Menjahit payet pipih agar rapi, gunakan tusuk yang erat, misalnya tikam jejak (backstitch), atau setiap selesai satu payet dijahit, tusuk jelujurnya disimpul mati pada bagian belakang kain. Semoga membantu 🙂

      Suka

  18. AyoTutorial berkata:

    WOW Sangat Mantap Semua Tutorial Lengkap Apa Saja Ada Disini Mantap Dah

    Suka

Tulis Apresiasi Di Sini