Merenda Kaos Kaki Bayi Sederhana

Kaos kaki bayi pada gambar di atas tidak sulit direnda. Untuk membuatnya, kemampuan dasar yang harus dimiliki adalah :

1. Mampu membuat tusuk hdc (half double crochet). Anda yang belum mampu membuatnya dapat mempelajari caranya di alamat:

http://cache.lionbrand.com/faq/114.html

2. Menguasai tusuk tikam jejak (back stitch). Anda yang belum menguasai caranya dapat mempelajarinya di alamat

http://www.coatscrafts.co.uk/Stitching/Howtos/back+stitch.htm

Tutorial tusuk tikam jejak dalam video dapat dilihat di alamat:

http://www.videojug.com/film/how-to-do-back-stitch

Setelah menguasai kemampuan yang diperlukan, siapkan peralatan dan bahan berikut ini:

1. Benang wol akrilik lokal atau benang jenis sport weight (dapat diganti dengan benang  katun lembut atau benang katun rayon)

2. Hakpen atau jarum kait nomor 8 (5,5mm).

3. Jarum kristik atau jarum tapestry.

Mari kita mulai! Ambillah dua helai benang wol akrilik (bisa memakai ujung benang dari dua gulung benang atau memakai ujung benang dan pangkal benang yang berada di bagian dalam gulungan benang).

1. Buat tusuk awal (slip knot) dengan ekor sepanjang 15cm atau lebih.

Slip knot

2. Buatlah tusuk hdc sampai panjang dan lebarnya berukuran 12cm x 12cm

12cm x 12cm

3. Potong benang dengan ekor benang sepanjang 15cm atau lebih. Masukkan salah satu ekor benang ke jarum tapestry. Selipkan jarum ke sepanjang rantai atas tusuk hdc di samping jarum.

Sisipkan ekor benang ke sepanjang baris atas

4. Tarik benang hingga lembaran membentuk bulat.

Tarik benang

5. Jahit kedua sisi lembaran sepanjang 5cm dengan tusuk tikam jejak. Matikan benang.

Jahit bagian atas kaos kaki

6.  Lipat bagian sisi lain lembaran. Satukan kedua sisinya dengan tusuk tikam jejak. Matikan benang.

Jahit membujur bagian belakang kaos kaki

7. Bagian bawah kaos kaki telah siap.

Bagian bawah kaos kaki

8.  Untuk membuat bagian atas kaos kaki, sambung dengan tusuk hdc di sekeliling lingkaran lubang kaki. Apabila ingin kaos kaki tampak lebih menarik, tambahkan tusuk lain pada bagian atas kaos kaki, misalnya tusuk bobble atau tusuk pop corn. Pada foto, saya menggunakan tusuk bobble. Sebagai penutup tusukan, saya menggunakan tusuk tunggal terbalik (reverse single crochet)

Sambung bagian atas dengan hdc

10. Kaos kaki bayi siap untuk dipakai.

Siap pakai

 

Catatan:

1. Ukuran jarum tidak harus bernomor 8.  Ukuran jarum kait nomor 3 atau nomor 4 dapat digunakan asal hasil merenda segi empat berukuran 12cm x 12cm.

2. Apabila memakai jarum kait nomor 3/4, maka gunakan satu helai saja benang wol akrilik.

Tentang Novi Kurnia

Saya menulis buku anak semenjak tahun 2006. Setelah 7 tahun menjadi penulis pada penerbit Intan Pariwara, saya kini bekerja sebagai penulis lepas buku anak dan buku keterampilan. Sesekali saya menulis untuk media massa dengan nama pena Kania Gho. Saya dapat dihubungi di: kaniagho@gmail.com
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Benang, Renda dan tag , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Merenda Kaos Kaki Bayi Sederhana

  1. Fansi berkata:

    Makasih tutorialnya🙂 cara ini saya baru tau nih. mau tanya, benang sembur yg agak kecilan itu jenis benang apa dan merknya apa yah?

    Suka

    • Novi Kurnia berkata:

      Kalau benang lokal, setahu sy cuma benang katun dan rayon yang warnanya sembur. Biasanya benang rayon lebih kecil daripada katun, tapi tergantung pabriknya juga, ada rayon yang seukuran benang katun dan ada yang lebih kecil daripada katun. Soal merk, kadang benang lokal nggak ada merknya. Ada yg bermerk itu misalnya lie fung, ini pun kadang di pedagang sudah hilang merknya. Jadi bilang aja ke penjual, cari benang katun atau rayon.

      Suka

  2. Oct berkata:

    Wah ini Cara paling simple buat bikin kaos kaki bayi. Makasih Mbak. Saya jg suka artikel2 lain di blog ini, cm saran saya resolusi fotonya diperbagus lagi dong hehe.

    Suka

Tulis Apresiasi Di Sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s