Blus Pesta Berhias Smock

Smock adalah salah satu teknik memanipulasi sehelai kain agar  ber tekstur timbul atau berkerut.  Di Indonesia pada umumnya, smock bermotif timbul sering digunakan untuk menghias kain peralatan rumah tangga semisal sarung bantal kursi dan sarung galon air dispenser, sedangkan smock bermotif kerut lebih banyak digunakan untuk menghias busana. Smock bermotif timbul ini dikenal sebagai smock gaya Amerika Utara.

Smock gaya Amerika Utara sebaiknya dibuat menggunakan kain tipis yang bertekstur lembut. Contoh kain yang bagus untuk dibuat smock misalnya sifon, satin, dan lame. Untuk memudahkan pembuatan pola, sebaiknya memilih kain bermotif bintik atau bermotif kotak-kotak.

Kali ini saya menjahit blus pesta dari bahan satin bintik yang dihiasi dengan smock motif lozenge dari gaya Amerika Utara. Hasilnya seperti gambar di bawah ini. Blus menjadi tampak berbeda, bukan?

Untuk membuat blus ini, sediakan:

Bahan:

– Kain satin motif bintik untuk bahan blus dan smock.

– Pita satin sewarna kain satin sepanjang 2m.

– Payet berwarna setingkat lebih tua dari kain satin.

Alat:

– Jarum jahit.

– Benang jahit sewarna kain.

– Gunting.

– Kapur jahit atau Pensil HB.

– Mistar atau pita meteran.

Cara membuat:

1. Potonglah kain bahan blus sesuai dengan pola blus.

2. Tentukan bagian blus yang ingin dihiasi dengan smock. Pada gaun berwarna salem di atas, saya memilih bagian pinggang.

3. Ukurlah panjang dan lebar bagian blus yang ingin dihiasi dengan smock. Catat ukuran panjang dan lebar bagian tersebut. Kemudian, kalikan tiga ukuran panjang dan kalikan tiga ukuran lebar. Hasil perkalian panjang dan lebar itulah panjang dan lebar kain yang diperlukan untuk membuat smock.

4. Untuk membuat smock, ukurlah kain sesuai ukuran panjang dan lebar yang telah dikalikan tiga. Potonglah kain sesuai ukuran tersebut ditambah 2cm pada keempat sisi kain. Penambahan 2cm itu penting untuk bidang penyelesaian jahitan. Balik kain hingga bagian bawah kain terlihat. Buatlah pola smock pada bagian bawah kain menggunakan kapur jahit atau pensil HB. Telitilah dalam membuat pola, karena selisih 1mm saja dapat merusak hasil jadi smock. Perhatikan pola smock lozenge di bawah ini. Jarak antar titik adalah 1cm.

5. Ambil jarum dan benang jahit.  Jahitlah smock sesuai pola. Caranya, simpul matikan benang, lalu tusukkan jarum pada titik nomor 1 sedalam 1mm-2mm. Lanjutkan tusukan jarum pada titik nomor 2, kemudian tusukkan kembali pada titik nomor 1.  Tarik benang agar titik nomor 1 dan titik nomor 2 bertemu. Tusukkan jarum ke titik nomor 3, lalu tarik benang hingga titik nomor 1, 2, dan 3 bertemu. Pada pertemuan titik nomor 1, 2, dan 3 tersebut, simpul mati benang. Kain yang diberi titik nomor 1, 2, dan 3 kini berkumpul pada satu titik. Satu titik smock telah tercipta. Rentangkan benang menuju tanda titik nomor 4 pada pola lozenge (jangan putuskan benang). Ulangi langkah menjahit titik nomor 1, 2, dan 3 sampai seluruh pola pada permukaan kain tersimpul mati.

6. Setelah smock siap, jahitlah tepian smock pada bagian busana yang telah ditentukan.

7. Tutupi jahitan yang melekatkan smock pada busana dengan pita satin dan payet. Smock telah terpasang sempurna.

8. Jahitlah bagian depan blus dengan bagian belakang blus. Selesaikan penjahitan blus hingga siap pakai.

Tip:

Payet dapat diganti dengan beragam aksesoris lainnya, misalnya manik-manik kayu, rimpel, renda, sulam pita, maupun sulam benang.

Sumber:

Colette Wolff. 1996.  The Art of Manipulating Fabric. Wisconsin: Krause Publications.

Terbit! Buku Jahit Smock: http://wp.me/p2KM8v-8M

 

Tentang Novi Kurnia

Saya menulis buku anak semenjak tahun 2006. Setelah 7 tahun menjadi penulis pada penerbit Intan Pariwara, saya kini bekerja sebagai penulis lepas buku anak dan buku keterampilan. Sesekali saya menulis untuk media massa dengan nama pena Kania Gho. Saya dapat dihubungi di: kaniagho@gmail.com
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kain, Smock dan tag , , , . Tandai permalink.

21 Balasan ke Blus Pesta Berhias Smock

  1. ketty husnia berkata:

    beautiful mbak,…!kira2 bisa dilakukan buat pemula yg blm bs menjahit spt saya ga??
    bagaimana kalo buka milis tanya jawab seputar menjahit mbak?khusus pemula tentunya..trimakasih mbk novi.salam kenal!

    Suka

    • Novi Kurnia berkata:

      Makasih, Mba🙂 kalau bikin smocknya aja sih mudah, Mba, asal bisa masukin benang ke jarum dan menyimpul mati benang aja udah cukup😀 soal bajunya serahkan pada penjahit, hehehe. Wadow, milis menjahit? saya juga penjahit amatiran, Mba🙂 Salam kenal kembali, Mba yang mengunjungi blog http://kaniagho.wordpress.com, kan🙂

      Suka

  2. ketty husnia berkata:

    hehehe..iya dulu saya dah pernah masuk ke blog anda. Saya suka dg cerpen2 anda, kebetulan saya langganan kompas. sekarang saya sdh punya blog mbak, http://www.getoekgoreng.blogspot.com. Mohon kritikannya ya! oia, saya tunggu artikel baru anda..boleh tukar link ga mbak??thnks be4 ‘n after

    Suka

    • Novi Kurnia berkata:

      Makasih ya, apresiasi buat cerpen di blog lama itu🙂 Saya sudah memindahkan arsip karya saya ke http://novikurnia.com.
      Oh ya, selamat untuk blog barunya, isi blognya bagus🙂 nama blognya unik, nama makanan kesukaan seseorangkah?

      Pada Kam, 07 Apr 2011 11:40 ICT

      Suka

  3. ketty husnia berkata:

    makasih mbk atas kunjungannya…saya br sj nengok ke rmh br mbk..jd tmbh suka nih!! by the way gmn ya cr mbk mempertahankan ide2 segar agar bs tetap berkarya??nb:getukgoreng makanan khas dr daerah Banyumas.thnks mbk

    Suka

    • Novi Kurnia berkata:

      Lho, aku udah membalas kok ilang? hiks😦
      Makasih udah nengok ke novikurnia.com, Mba🙂 Ide segar buat karya tulis atau buat keterampilan, nih🙂 Kalau buat karya tulis, saya suka baca buku pengetahuan dan hikmah, inspirasi biasa datang dari situ. Tapi kejadian harian, peristiwa di tivi, dan pengalaman orang lain juga memberi ide. Karya keterampilan juga sama, ide-ide kreatif dapat digali dari berbagai sumber sebagai inspirasi desain.

      Suka

  4. kenia huwada berkata:

    thnks kunjungannya mbk!krn srg lht format WP yg ada “tukerlink-nya”aku jd asal ikutan ngomong..hehe maaf mksdku aku pengen jd followernya mbk!minta ijin dl..:-)

    Suka

    • Novi Kurnia berkata:

      Punya dua BS, ya, Mba? Namanya beda🙂

      Oh, maksudnya tukeran link itu follower, ya🙂 maklum newbie juga di WP jadi ketahuan gapteknya🙂 Wah, seneng banget Mba mau menempel link wp saya ke blog, Mba. Silakan, Mba. Makasih, ya🙂

      Suka

  5. nayfiela berkata:

    tlong krimkan gambr pola smock yg lainnya ya mbak..
    trima kasih…

    Suka

  6. Yuni A berkata:

    Hallo, mb Novi ngga sengaja bua blok mb Novi, maksudnya sih nyari artikel tentang hiasan manipulating pada busana, ee nyangkut deh di sini.

    Suka

  7. kalau yang ini agak rumit ya mbak, aku harus baca berulang kali dulu supaya paham. tapi makasih ya mbak, sudah mau berbaik hati berbagi.

    Suka

  8. Ping balik: mellystitchMan2Kudus

  9. hanava berkata:

    Saya sangat berterimakasih atas semua di blog ini, saya ambil banyak ilmu, terima kasih

    Suka

  10. Rosalia berkata:

    bagus mb.. tetep berkarya…

    Suka

Tulis Apresiasi Di Sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s